INDUSTRI PERKAPALAN: Biro Klasifikasi Indonesia akan jadi anggota IACS

Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) akan mengajukan aplikasi keanggotaan Badan Pengkelasan Kapal Internasional/International Association of Classification Societies (IACS) pada Maret 2013.

Kepala Satuan Penelitian & Pengembangan PT BKI (Persero) Syaifuddin Wijaya mengatakan, pengajuan BKI sebagai anggota IACS itu, dalam rangka memperkuat peran BKI melakukan kegiatan pengkelasan kapal nasional maupun internasional.

Dia mengatakan, pengajuan aplikasi pada Maret 2013 itu merupakan tahap awal yang akan memverifikasi BKI sebagai Badan Klasifikasi dan sejumlah persyaratan yang harus di penuhi.

Compact_bki-
"Butuh waktu sekitar empat bulan untuk memverifikasi pengajuan aplikasi tahap pertama sejak diajukan (Maret 2013) agar BKI dapat menjadi anggota IACS tersebut," ujarnya saat Pertemuan Komite BKI, di Jakarta hari ini, Senin (5/11).

Dia mengatakan, sebagai lembaga pengkelasan kapal nasional-BKI saat ini harus menjadi tuan rumah di negeri sendiri dengan membangun kepercayaan kepada Pemilik Kapal (Ship Owner),Perusahaan Galangan, Pemerintah, serta dapat merebut pasar klas asing.

Syaifuddin mengungkapkan, pasar pengkelasan kapal sangat menjanjikan saat ini. Apalagi, kata dia, hampir 80% pasar maritim berada di Asia. "Karena itu perlu kerjasama antara badan klasifikasi di wilayah Asia untuk meraih martket itu," tuturnya.

Dia mengatakan, saat ini BKI sudah berinisiatif melakukan kajian terhadap tehnologi yang digunakan kapal-kapal bendera Indonesia, sehingga survey pengedokan dapat langsung dilaksanakan dengan masa berlaku interval maskimal 36 bulan.

BKI, kata dia, juga melakukan kajian terhadap kemungkinan persyaratan tehnik untuk lambung dan mesin dapat dipenuhi oleh kapal untuk di berikan izin melaksanakan suvey pengedokan yang diperpanjang hingga 7,5 tahun.

"Kedua kajian itu akan kami sampaikan ke Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub sebagai bahan masukan untuk penyesuaian peraturan tentang periode docking kapal bendera Indonesia," ujar dia. sumber

Share ke sahabat anda di :

Category Article
Terimakasih telah meluangkan waktu untuk membaca "INDUSTRI PERKAPALAN: Biro Klasifikasi Indonesia akan jadi anggota IACS " dan bila berkenan kamu bisa share artikel tentang "INDUSTRI PERKAPALAN: Biro Klasifikasi Indonesia akan jadi anggota IACS " ini dengan tombol share di Atas . Semoga bacaan tentang "INDUSTRI PERKAPALAN: Biro Klasifikasi Indonesia akan jadi anggota IACS " Bisa memberikan manfaat bagi kita semua. Jika kamu memiliki referensi lain tentang artikel ini silahkan sharing lewat kotak komentar dibawah


Artikel Terkait:

What's on Your Mind...