INVESTASI EROPA bermuara ke sektor farmasi dan kimia

Investasi langsung Eropa di Indonesia dinilai lebih banyak masuk untuk memperluas jaringan distribusi dan pemasaran perusahaan-perusahaan tersebut di Tanah Air.


Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi membenarkan bahwa sebagian besar penanaman modal asing (PMA) asal Eropa bermuara di sektor farmasi dan kimia.
 Compact_semen
Namun, menurut dia, bisnis perusahaan kimia dan farmasi asal benua tersebut di Indonesia masih didominasi oleh aktivitas distribusi dan pemasaran.
 
Dia menjelaskan perusahaan farmasi dan kimia Eropa saat ini memilih mendirikan pusat produksi bahan baku di India atau China untuk mengisi pasar Asia, bahkan dunia.
 
“Kalau realisasi investasi besar itu cuma buat mereka jualan, belum produksi di sini. Hanya campur-campur bahan baku produk biar bisa dijual di Indonesia,” kata Sofjan ketika dihubungi bisnis, Minggu (4/11).
 
Data BKPM menyatakan realisasi investasi langsung dari Eropa pada Januari—September 2012 melebihi US$2,73 miliar dengan US$2,58 berasal dari zona Euro.
 
Kepala BKPM Chatib Basri kebanyakan investasi langsung Eropa di Indonesia masuk ke sektor farmasi dan produk kimia.


“Campur-campur. Kurang lebih sama seperti sektor sebelumnya yaitu ke sektor farmasi dan ada sedikit mining,” katanya kepada bisnis, Selasa (30/10).
 
Sofjan mengatakan tren kenaikan PMA Eropa di Indonesia tidak janggal meski benua tersebut sedang dibelit krisis hutang dan neraca pembayaran.
 
Dia menjelaskan krisis perekonomian hanya menekan kemampuan fiskal pemerintah Eropa, sedangkan kinerja bisnis perusahaan-perusahaan multinasional Eropa masih berjalan lancar,
 
“Mereka baik-baik saja dan saat ini gencar mencari pasar baru dengan pertumbuhan tinggi seperti Indonesia. Indonesia kan masih bisa tumbuh di atas 6%,” kata Sofjan.(bisnis.com)

Share ke sahabat anda di :

Category Article
Terimakasih telah meluangkan waktu untuk membaca "INVESTASI EROPA bermuara ke sektor farmasi dan kimia" dan bila berkenan kamu bisa share artikel tentang "INVESTASI EROPA bermuara ke sektor farmasi dan kimia" ini dengan tombol share di Atas . Semoga bacaan tentang "INVESTASI EROPA bermuara ke sektor farmasi dan kimia" Bisa memberikan manfaat bagi kita semua. Jika kamu memiliki referensi lain tentang artikel ini silahkan sharing lewat kotak komentar dibawah


Artikel Terkait:

What's on Your Mind...