PT Pancaran investasi US$30 juta perluas pabrik di Tangerang EKSPANSI USAHA

Pabrikan lampu hemat energi PT Pancaran Indonesia berencana memperluas pabrik di Dadap, Tangerang, Banten, dengan estimasi investasi sekitar US$25 juta-US$30 juta. 
 
Ketua Umum Asosiasi Industri Perlampuan Listrik Indonesia (Aperlindo) John Manoppo mengungkapkan Pancaran akan menggandeng mitra dari China untuk merealisasikan rencana perluasan pabrik tersebut.
 
Menurutnya, perluasan pabrik tersebut diprediksi baru akan dimulai pada tahun depan. Saat ini, perusahaan sedang melakukan negosiasi membeli terhadap lahan seluas 75 hektare tersebut.
 
"Rencana investasi tersebut diharapkan mampu menggairahkan industri lokal untuk bersaing dengan lampu impor yang terus membanjiri pasar dalam negeri," katanya, Senin (5/11).
 
Perusahaan tersebut, ungkapnya, berencana mendirikan pabrik lampu terintegrasi, mulai dari komponen hingga produk jadinya.
 
Pada 2010, perusahaan tersebut juga telah membangun pabrik perakitan lampu di lokasi yang sama dengan investasi sekitar Rp25 miliar.
Investasi tersebut digunakan untuk menambah beberapa lini produksi baru, membeli sejumlah mesin dan peralatan produksi, perluasan lahan, dan berbagai sarana pendukung lain.
 
Pabrik tersebut berlokasi di kawasan pergudangan Kosambi Permai, Dadap, Tangerang, dengan lahan seluas 1.000 meter persegi. 
 
Bahkan, investasi tersebut juga mendongkrak kapasitas terpasang pabrik perakitan lampu hemat energi itu menjadi 600.000 unit per bulan atau sekitar 7,2 juta unit per tahun.
 Compact_lampu
"Jumlah produksi masih bisa kami tingkatkan lagi apalagi permintaan meningkat," ujarnya.
 
Sebelum menjadi produsen, Pancaran sempat menjadi distributor lampu hemat energi sepanjang beberapa tahun terakhir. Mengingat besarnya potensi pasar di dalam negeri dan berbagai pertimbangan efisiensi bisnis, Pancaran memutuskan untuk mendirikan pabrik lampu hemat energi pada 2009 lalu.
Selama ini, ujar John, pihaknya gencar melakukan promosi ke luar negeri agar perusahaan asing tidak hanya mengekspor produknya ke Indonesia, tetapi juga berinvestasi di dalam negeri.
 
Bahkan, sejumlah perusahaan dari China dan Taiwan sedang mempertimbangkan untuk melakukan ekspansi pabrik ke Indonesia karena iklim industri dalam negeri yang dinilai kondusif.
 
Meskipun demikian, Aperlindo mendesak pemerintah untuk menerbitkan peraturan yang tidak membuat pelaku industri resah agar tidak menurunkan minat investasi pengusaha.
 
"Jangan sampai peraturan yang diberlakukan pemerintah menimbulkan keragu-raguan mereka untuk menanamkan modalnya di Indonesia," ujarnya.(bisnis.com)

Share ke sahabat anda di :

Category Article
Terimakasih telah meluangkan waktu untuk membaca "PT Pancaran investasi US$30 juta perluas pabrik di Tangerang EKSPANSI USAHA" dan bila berkenan kamu bisa share artikel tentang "PT Pancaran investasi US$30 juta perluas pabrik di Tangerang EKSPANSI USAHA" ini dengan tombol share di Atas . Semoga bacaan tentang "PT Pancaran investasi US$30 juta perluas pabrik di Tangerang EKSPANSI USAHA" Bisa memberikan manfaat bagi kita semua. Jika kamu memiliki referensi lain tentang artikel ini silahkan sharing lewat kotak komentar dibawah


Artikel Terkait:

What's on Your Mind...